Rabu, 05 Juni 2013

Komputer Mati Total

Komputer Mati total atau tidak bisa nyala sama sekali biasa terjadi kapan saja. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, baik faktor internal maupun external. Hal yang sering dijumpai penyebab CPU Komputer mati total dan memdadak biasanya disebebkan karen faktor External/faktor dari luar.



Beberapa Faktor Internal dan External sebagai berikut
Faktor External
1. Human Eror
2. Tegangan listrik tidak stabil
3. kabel Listrik

Faktor Internal
1. Perangkat Lunak
2. Hardware

Dalam beberapa kasus yang saya amati, terjadinya komputer mati biasanya ada indikasi lain sebelum Cpu Komputer mati. Indikasi-indikasi ini sering terjadi karena masalah melemahnya kerja perangkat hardware atau perangka lunak yang terinstal pada komputer. Kita kemungkinan akan lebih sulit menganalisa komputer yang eror ketimbang komputer yang secara tiba-tiba mati total.

Lain halnya dengan komputer yang tiba-tiba mati secara mendadak yang tanpa sebeb awal diketahui. Ini akan lebih mudah dalam kita mengetahui kenapa komputer tiba-tiba mati. Bagi yang masih awam dengan dunia komputer mungkin ini akan sulit dan pengguna menjadi panik cara penangananya.

Berikut Cara menganalisa kerusakan pada komputer  mati total secara tiba-tiba;

1. Cek Kabel CPU Listrik
Kabel sebagai pengantar arus listrik yang setiap saat bisa putus, atau kurang kencangnya kabel yang menghubungkan dari stop kontak ke CPU komputer.

2.Cek Tombol Power ON/OFF CPU
 Pada kenyataanya ini jarang terjadi, namun bisa saja terjadi hanya karena masalah pada tombol On/Off

3. Cek Pada Power Supply
Kerusakan pada power suply sering terjadi, hal ini bisa disebebkan karena umur dari power Supply yang sudah lama atau mati karena lonjakan tegangan secara tiba-tiba.

4. Dari ke 3 poin diatas jika ternyata tidak berhasil, Anda bisa melakukan pengecekan lebih lanjut. Yaitu dengan cara mengecek perangkat hardware yang berada pada CPU Komputer.  Motherboard, Processor, Memory /RAM dan VGA Card

0 komentar:

Posting Komentar